Sabtu, 01 Juni 2013

Susahnya Menyuruh Si Jari Menurut








Saya ndak punya maksud bahwa si jari itu nama temen saya, nama tukang bakso, ato bahkan nama binatang piaraan saya.
Tapi yang saya maksud di sini adalah emang benar jari2 yang (thanks to God) masi nempel di kedua tangan saya ini lo.
Ceritanya gini :
Baru beberapa bulan yang lalu saya putuskan beli alat musik pencet yang selama ini saya impi2kan bsa saya mainkan dengan penuh syahdu mata merem melek - tur wuenak dirungokne - ujung2nya lumayan bisa bikin orang laen terhibur (ih... ngarep!).
Saya juga nyadar kok bahwa saya harus blajar mulai nol... jadi saya bersedia step by step blajar kayak anak kecil yang nurut sesuai petunjuk latihan (saya udah donlot secara brutal puluhan vidio tutorial) mulai dari mengenali tuts vs nada, sampe cara memainkan jari tangan sesuai tuts. Pertama saya ngrasa jari saya kaku seolah sedang terapi karena baru sembuh dari kelumpuhan, tempo lambat... ah keciiiil! Tapi setiap saya percepat temponya mulai keliatan ngaco, waktunya jari manis mencet malah yang gerak jari tengah... waktunya jari kelingking yang mencet malah cuma njingkat ga mencet2, selalu & selalu gitu terus bikin gemes sampe keringat ndlewer dan pengen pipis.
Saya sempet nyoba untuk diam pejamkan mata setengah semedi untuk memusatkan pikiran, sambil berkata kepada para jari2ku (dalam hati lo!) agar menuruti perintah otak saya. Mulai lagi pelan2, terus kupercepat lagi temponya (sambil harap2 cemas) ternyata bisa, horeeee... tapi ternyata cuma sebentar setelah itu ngaco lagi ditambah ngrasa kemeng di lengan (hadooooh!).
Baru saya nyadar kalo ternyata jari2 saya ndak se"penurut" yang saya kira, untung saya masi cukup waras untuk tidak memarahi jari2 saya hehe. Tapi masak si mereka ga mau nurut? Wong selama ini dipake maen gitar cukup kooperatif kok, dipake (ehm... maaf) ngupil juga mereka juga langsung ostosmastis bergerak dengan akurasi tinggi (yieeeek!)
Sejujurnya saya akui selama ini saya emang ndak fair... saya terlalu sering nyuruh jari saya membersihkan lubang hidung ato korek2 kuping... jauh terlalu lebih sering daripada saya suruh untuk menari-nari diatas tuts & memainkan lagu yang indah di atas bukit berbunga (naa kalo ini pikirannya yang ngaco!).
Hehe kok jadi nglantur to? Akhirnya saya ngrasa harus memberikan perhatian & kesempatan lebih pada jari jemari saya untuk terbiasa menerjemahkan perintah otak saya, waktu demi waktu, hari demi hari... & sekarang saya udah bisa mainkan satu lagunya harvey malaiholo (walau baru intronya :P), lagunya richard marx (meski masi sering hang karena lupa chord)... tapi cukup saya sadari bahwa saya cuma butuh lebih SABAR ngajari jemari saya agar lebih "penurut" (lumayan juga buat ngurangin kebiasaan ngupil hehe), & setelah "nurut" mereka jadi melakukan suatu keindahan yang juga bisa dinikmati orang lain.
After all... KESABARAN itu mungkin bisa saya tularkan kepada seluruh rekan2 anggota team saya.

Semoga. (ych)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar